Rabu, 03 Juli 2013

Resensi Buku Grapho Parenting


Judul             : Grapho Parenting Membangun Karakter Melalui Pengenalan Tulisan Anak
Penulis          : Ruli Renata (suami dari teman kamarku lho.he..he… J  mbak lilik puji Rahayu)
Penerbit        : Aksi Cepat Tanggap dan Samudra Publishing
Tahun terbit   : Maret 2013 (cetakan pertama)
Tebal halaman : xviii+ 105 halaman , 15 cm
Resensator    : Nikmatul Istikhomah*

  Tema karakter saat ini menjadi salah satu pembicaraan sentral di dunia pendidikan, khususnya pendidikan karakter. Bahkan saking hebohnya kurikulum pendidikan yang saat ini dicanangkan pemerintah melalui kementerian pendidikanditahun 2013 menjadikan Pendidikan Karakter sebagai kurikulum yang harus digunakan disemua jenjang pendidikan. Tema karakter sejatinya menjadi tema sentral pembentukan kepribadian anak sejak masa dahulu. Pembentukan karakter melalui tulisan tangan atau yang dikenal sebagai “graphology” dalam buku ini menawarkan suatu jenis pendidikan yang relative sederhana namun sangat efektif dalam mengembangkan maupun mengubah karakter.
Buku ini termasuk versi ringkas untuk pemula. Sangat tipis untuk sesutu yang renyah disantap. Kecil dan tipis bukan berarti remeh. Di balik kesahajaan buku ini, tersimpan energy perubahan. Ia menginspirasi, terlebih ketika menjadi “sekedar” bacaan penopang pelaksanaan pelatihan graphology. Ya…graphology sebuah piranti berharga yang sederhana dan terus bermetamorfosa untuk penyempurnaan. Dengan kekuatan kesederhanaan tersebut relative mudah di pahami banyak orang dan juga menyerap pengetahuan baru yang membantu menyegarkan bahan dasarnya dan kesempurnaan untuk kedepannya. Namun patut dipahami dan digaris bawahi graphology hanya salah satu tool/ piranti/ alat, bukan solusi sepenuhnya.
Ada yang mulai hilang di sekolah modern saat ini : menulis halus. Padahal ada rahasia dibaliknya. Pelajaran tentang sabar, taat pada azas, pesan, rasa jiwa dan seni. Tapi kini?waktu yang menjawab semua. Tulisan tangan bukan sekedar rangkaian kata-kata yang disambung sebagai pesan yang ingin disampaikan. Tulisan tangan merupakan refleksi pikiran bawah sadar kita. Pembentukan tulisan tangan sangat dipengaruhi oleh perkembangan bawah sadar kita.
Buku ini terdiri dari tujuh bab ringkas yang luar biasa :
a.    Harapan orang tua terhadap anaknya : tiga kata kunci utama pintar, soleh, sukses dan sejahtera
b.    Anak dan permasalahannya : kualitas dan kuantitas pertemuan. 4 jurus anak patuh cukup sederhana jadilah anda sebagai orang yang pertama kali dilihat oleh anak ketika ia bangun dari tidur, antar anak ke sekolah dan jangan pergi sebelum ia hilang meninggalkan anda, sambut ia dengan kalimat positif saat pulang sekolah dan jadikan anda sebagai orang yang terakhir ia lihat sebelum ia tertidur.
c.    Pola asuh anak : otoriter, neglectful/guek, indulgent/memanjakan, authoritative/ memanjakan.
d.    Analisis tulisan tangan : why? Sejarahnya, validitas, manfaat dan seluk beluknya
e.    Tulisan tangan membentuk karakter
f.     Perkembangan menulis pada anak : fase usia, tahap mengajarkan menulis, lazy eight dan disleksia, menulis halus, menganalisis tulisan tangan, contoh praktis graphology analisis, analisis gambar
g.    Grapho theraphy : 7 manfaatnya meningkatkan prestasi, meningkatkan semangat, memperbaiki daya fokus, meningkatkan rasa penghargaan diri, memperkokoh daya mental, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan keberanian.

Mengenai bahasa yang digunakan dalam buku ini pun tidak begitu muluk-muluk. Sederhana namun berbobot. Lugas dan mudah memahami. Mungkin yang jadi catatan, benang merah antara satu bab dengan bab lain kurang kelihatan greget, tapi itu bisa dimaklumi karena memang tulisan ini adalah karya perdana alias pecah telor dari sang maestro trainer graphologhy. Terlepas dari itu, tetap patut diacungi 4 jempol dan ditunggu karya selanjutnya.
*manusia yang ingin selalu menginspirasi

Tidak ada komentar: