Selasa, 07 Agustus 2012

jejak RCDC MAYA

selamat pagi kawan...............sudahkah hari ini berkarya untuk negeri? sejarah apa yang telah pean

cetak..sedikit berbagi inspirasi bersama.ini adalah perjalanan saya bersama teman2 di RCDC MAYA perkebunan candi sewu blitar. what is it. RCDC adalah kepanjangan dari research community development center. salah satu program MIC MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia)
http://www.youtube.com/watch?v=f4J7-WR1QOY&feature=player_detailpage

Research and Community Development Center dibentuk untuk mengakomodasi
potensi  mahasiswa yang sangat besar sebagai agent of change yang memiliki idealisme dan semangat untuk melakukan perubahan, dan sebagai iron stock yang memiliki potensi keilmuanuntuk menjadi para pelopor intelektual. Potensi ini diarahkan dan dikembangkan untuk dapat dikontribusikan kepada masyarakat, sehingga terjadi sinergi antara mahasiswa sebagai civitas akademika yang memiliki tanggung jawab terhadap pemberdayaan masyarakat dengan masyarakat itu sendiri.  
RCDC ini juga dibentuk sebagai sebuah respon atas kebutuhan masyarakat akan inovasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan mengaitkan antara potensi daerah, kebutuhan lokal, potensi mahasiswa dalam menerapkan teknologi tepat guna, pemberdayaan


masyarakat, inovasi dan upaya peningkatan kesejahteraan, maka RCDC ini menggerakkan roda kegiatankegiatannya melalui transfer teknologi tepat guna yang dbutuhkan oleh masyarakat.
Melalui sinergi antara potensi-potensi yang ada, diharapkan RCDC menjadi salah satu komunitas yang dapat memberikan kontribusi berarti terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berujung pada meningkatnya martabat Indonesia sebagai bangsa dengan merintis pembentukan Desa Inovasi Mandiri (DIM).  Dapat disimpulkan bahwa pembentukan RCDC bertujuan untuk:  Meningkatkan kapasitas masyarakat melalui kegiatan transfer keilmuan  Melakukan transfer teknologi tepat guna yang dibutuhkan oleh masyarakat  Melakukan pendampingan terhadap masyarakat dalam mengembangkan dan melakukan
perencanaan bisnis terhadap potensi daerah tersebut  Meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat dalam meningkatkan taraf hidupnya  Membentuk dan membangun Desa Inovasi Mandiri  RCDC MAYA merupakan kepanjangan dari RCDC Malang Raya yang merupakan gabungan dari 2 RCDC yakni RCDC Candisewu Blitar dan RCDC Singosari Malang. personel RCDC MAYA mmerupakan gabungan dari mahasiswa2 keren dari berbagai kampus yakni UB (nan adi, Bashori, Nurul, Rusda, Yuli,dll) kampus UM (iis dan tini), kampus UMM (Adi dwi P dan Febri) serta kordinator MITI-M jabalnusra mbak febria azilda. saat ini digawangi oleh cak bashori sebagai kapten. Peternakan UB. monggo bagi temen2 yang pengen mengaplikasikan ilmunya bisa bergabung bersama kam.

Nikmatul Istikhomah (iis)/ Mahasiswa Geografi UM 2008
Direktur ORBIT (Organisation of research and best Intelectual)
Nominator IYIL AWARD 2012
Mawapres 2 FIS UM 2012
FIM(Forum Indonesia Muda) 11
women inspiring 2010 KMM Award 

Tidak ada komentar: