Rabu, 21 November 2012

persiapan ke luar negeri (cerita singapura dari teman)

sudah lama tidak menorehkan cerita di dunia maya. ingin banget terbang ke luar Indonesia. dan kini ada teman yang berkesempatan pergi keluar negeri mengirimkan ceritanya dari tanah seberang.SINGAPURA. hm...mengasikkan. jadi pengen nyusul juga. biar ndak pada penasaran ini sekilas tulisan temen saya. adi dwi P. *mas minta ijin buat tak share di blog saya
udah tak potong tapi dapat poinnya
......................
Pertama diminta ke Singapura ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, perasaan mulai bercampur baur ada senang, takut, gelisah, penasaran dll. He he he tapi akhirnya setelah benar-benar yakin, bismillah saya bertekad untuk mengurus passport. Nyari kantor imigrasi ada dua pilihan di benak saya, apa boleh y saya bukan orang asli malang membuat passport di Malang atau buat di Surabaya. Akhirnya saya pergi ke kantor imigrasi malang, pertama mencari info tentang bagaimana prosedur membuat passport.

Ada beberapa pengalaman yang saya dapatkan selama mengurus dokumen surat perjalanan luar negri tersebut. Pertama masuk di dinas imigrasi ada tulisan besar di pampang di depan kantor, stop gratifikasi / berantas korupsi dll (tulisan yang semakna lah), saya waktu itu coba mencari info benar tidak, tulisan tesebut. Tanya kepada pak satpam bagaimana prosedur membuat passport, dijelaskan deh panjang dan lebar tp akhir2nya pak satpam itu bilang “klo mas mau cepat 1 hari jadi bisa tapi bayarnya 850rb nanti lewat saya, tapi klo mas mau yang normal kira-kira 7 hari + 2 hari libur jadi 9 hari baru jadi bayarnya tergantung jenis passportnya. Yah Indonesia, tulisan tinggal tulisan korupsi tetap jalan ndak malu sama iklannya … (semoga negri kita lebih baik).
Akhirnya saya memutuskan untuk mengurus sendiri karena jika lewat belakang sama saja mendukung kebiasaan buruk di negri ini (NO CORRUPTION). Semua dokumen sudah saya lengkapi mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Ternyata sangat mudah buat passport tapi harus sabar karena waktunya agak lama sekitar 9 hari, sebenarnya bisa dipangkas sih mungkin mereka memiliki pertimbangan sendiri terkait kebijakan itu. Sebenarnya sudah dari dulu mau buat passport tapi belum ada waktu jadi ditunda-tunda terus karena ane sangat yakin bakalan keluar negri dan gratis (ha ha ha ngarepp), lah baru nyadar ketika dibutuhkan.
Alur membuat passport dapat antum lihat di web ini (http://www.scribd.com/doc/48252627/alur-bikin-paspor) banyak sih situs2 lainnya dan InsyaAllah di seluruh indonesia sama prosedurnya, sudah standart nasional. Selama mengurus passport sebenarnya tidak ada kendala yang berarti cuman kita harus sabar saja bolak-balik ke imigrasi minimal 3 kali secara garis besar (Lengkapi berkas (beli di koperasi di kantor imigrasi beli formulir harga
Mungkin memang dibuat gitu ya (khusnudhon) karena petugas imigrasi itu harus tegas dan jujur karena menyangkut hal-hal penting yaitu dokumen negara yang jika ada kesalahan prosedur bisa fatal misalnya ada orang yang mau ke luar negri ijinya cuman berkunjung sehingga diberikan passport biasa (visiting) padahal orang itu mau bekerja wah bisa gawat ujung2nya jika tertangkap atau tersangkut masalah di luar negri yang repot juga yang bersangkutan dan dinas imigrasi (Negara) karena salah dalam mengeluarkan passport dikarenakan kecerobohannya. Sehingga ketika wawancara petugasnya akan benar2 menekan kita supaya berbicara jujur. Jadi harus siap-siap mental. (Yang punya mental he he he)
HORE NAIK PESAWAT …..
Maklum Orang desa he he he, salah satu cita2 (keinginan) saya sebelum lulus kuliah adalah naik pesawat GRATIS dan keluar negri entah ngapain pokoknya saya memiliki obsesi itu. Allahu akbar Allah memberikan kemudahan untuk itu. Naiknya saya menggunakan pesawat ini merupakan kali kedua sebelumnya sudah pernah di ajak berlibur oleh bos di P2KK, sewaktu kami kerja part time di kampus (sekalian dakwah on mission) di P2KK (Program Pengembangan Kepribadian dan kepemimpinan) UMM 2011. Pada akhir pelaksanaan program kami diberikan bonus untuk berlibur ke lombok selama 3 hari 3 malam he he he. Pulangnya naik pesawat (akhirnya keturutan juga naik pesawatnya). Terus di undang ke Singapura naik pesawat lagi 2 kali (pulang pergi) Allahu Akbar dapat bonus banyak … akhirnya bisa naik pesawat gratis 3 kali …. Horeeeee
“Maka nikmat tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan (QS. Ar rahman)”
Pengalaman naik pesawat yang pertama bisa jadi pelajaran untuk naik pesawat selanjutnya tapi kali ini terasa berbeda, terminalnya pakek terminal international departure terus ada tambahan bayar yaitu bayar pajak fiskal 150.000 (untuk perjalanan international klo yang domestik ada fiskal tapi harganya tidak semahal ini) dan ketika berangkat dibandara ada pengalaman unik ketika pertama kali check in ke masing-masing maskapai (karena beli tiket online jadi nanti akan ditukar di tempat maskapai masing2 yang telah tersedia didalam), setelah melihat passport saya, petugas administrasinya bertanya kepada saya “mas baru pertama kali ya pergi keluar negri?”, “saya menjawab iya mbak”, Petugas bertanya lagi “bawa uang berapa ya mas?”, “Mas mau kemana?” “Ngapain disana?” Pertanyaan yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk petugas maskapai penerbangan. Terus saya jawab …… he he he titttt sensor ….
Setelah saya jawab pertugas itu berkata “Bapak tolong isi surat pernyataan ini, karena bapak baru pertama kali keluar negri (apalagi Singapura negara dengan aturan super ketat dan tegas di dunia), sebagai upaya preventif jika nanti ada apa2, terus jika bapak dipulangkan seluruh biaya pemulangan nanti bapak yang tanggung semua. !!! Wah dengan lugunya saya isi semua pernyataan itu dan saya tanda tangani sesuai prosedur. Akhirnya setelah proses ini selesai tinggal menunggu menit2 keberangkatan. He he he akhirnya berhasil juga … ketika diruang tunggu sudah mulai deh iklim luar negrinya kelihatan banyak orang2 berdatangan untuk memadati ruang tunggu di Bandara International JUANDA. Karena di terminal untuk keberangkatan International pemandangan mulai agak risih banyak calon2 penumpang pesawat yang berpakaian minim yang terdiri dari banyak WNA selain itu juga ada WNI nya. Di dalam bandara saya coba download2 kamus untuk jaga2 klo nanti lupa jika ada istilah2 dalam bahasa inggris yang sulit tinggal search aja. Hihihi (klo kita ndak biasa bicara bahasa inggris sejago apapun anda abiss kalang kabut klo diajak ngomong sehingga perlu pembiasaan untuk talk2 english every day)
Selama menunggu pesawat saya sempat berkenalan dengan beberapa orang Indonesia yang mau berangkat ke luar negri untuk bekerja … share2 pengalaman selama disana …
Ketika di pesawat Allah menguji saya, disamping tempat duduk tempat saya di isi oleh seorang wanita dengan busana yang haduuuh parah pakek celana yang super pendek dan tanktop sehingga membuat saya sangat tidak nyaman tapi apa boleh buat, cuekin aja untung dekat jendela jadi bisa melihat yang luar biasa diluar sana ciptaan Allah. He he he diperjalanan menyaksikan banyak keajaiban alam yang luar biasa Allah menciptakan langit tanpa tiang, bumi yang indah, negri indonesia yang tiada tandingannya di dunia wow amazing. (sambil bertafakkur tentang keajaiban alam dan bagaimana Allah memberikan informasi kepada kita di dalam Al Quran).
Saat turun dari pesawat dan tiba dibandara International changi, saya menemukan banyak pemandangan yang tidak biasa, sebagai seorang yang baru pertama kali keluar negeri tentunya masih bingung perasaan campur baur, tapi sebagai seorang muslim yang baik kita diajarkan oleh Allah satu kata “Tawakkal” he he he saatnya gunakan teori tawakkal disini … bismillah lihat tanda arah perjalanan di changi … akhirnya sampai jg walaupun jauh minta ampun beda dengan di bandara di Indonesia dekat2 karena changi itu lueeebarrr dan bueeesarrrrr (bandara terbaik dunia).
Sekilas tentang bandara international Changi, bandara singapura merupakan bandara terbaik di dunia pada beberapa tahun sebelumnya saat ini bandara terbaik dipegang oleh Incheon Airport di Korea Selatan dan changi menempati posisi ke-2 dunia. LUAR BIASA memang ketika membandingkan dengan bandara di Indonesia wow jauh banget… ketika pertama kali ke terminal international departure di JUANDA wow saya merasa takjub dengan ruangan dan pelayanannya tetapi setelah dari bandara changi bandara JUANDA seakan biasa saja dan malah jauh ketinggalan dan ambruk deh. Dari fasilitas, design, luas, kenyamanan, layanan, keamanan, jauh tertinggal.
Beberapa fasilitas di bandara changi yang tidak ada di bandara2 Indonesia seperti : Butterfly Garden, Kolam Ikan Koi, Main Game 3D, Orchid Garden, Internet Spot, Pijat Elektronik free, mall, kamar mandi yang luar biasa, transportasi yang mudah dan murah, kantin halal, ruang untuk merokok (pastinya buat para makhluk penghisap asap dan pemakan api hiii seremmmm), tempat istirahat, alasnya saja karpet dll.
Sebelum berangkat sebenarnya sempet belajar juga sih lihat2 info di internet bisa lewat situs ini  cukup bagus (http://airport.singapore-e.info/i/usefulservice/index.html). Sebelum berangkat juga di brefing teman yang berpengalaman pernah ke beberapa negara termasuk singapura dan malaysia dan beliau memiliki pengalaman buruk disana sehingga sangat berhati-hati takut klo temannya mengalami hal yang sama. Sehingga ceritanya menyeramkan
Pada saat awal kedatangan tipsnya ikuti saja petunjuk arah yang ada sampai kita masuk di area pemeriksaan (jaraknya dari terminal kedatangan cukup jauh), setelah itu kita mengisi kartu kecil yang berisi data kita, maksud kedatangan termasuk juga didalamnya tempat kita tinggal selama di singapura dan lama tinggal. Kartu itu harus kita simpan dan tidak boleh hilang nanti ketika sudah keluar dari singapura kartu itu akan diminta oleh petugas imigrasi. Klo menurut info sih kartu itu sebagai kartu kendali foreign visit disana dan kita harus konsisten dengan maksud kedatangan kita kesana dan juga waktunya, jika melebihi waktu (30 hari untuk visa visiting) kita akan berurusan dengan kepolisian singapura yang terkenal tegas dan tanggap. Oh iya klo pergi ke singapura klo bisa wajib memiliki tiket pulang klo ndak gitu bakalan di tahan lama di introgasi begitu pula uang yang kita bawa akan ditanyakan berapa dan petugasnya minta dibuktikan didepannya.......................

ya walaupun hanya cuplikan semoga menginspirasi teman2 semua. penasaran lan jutannya...ntar dulu ya....

* Adi Dwi P merupakan temen satu team di RDCD Maya.kordinator comdev Singosari mahasiswa lulusan UMM tahun 2012 yang saat ini lagi walking n warking di singapura.

Tidak ada komentar: